Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV LG PEARL BLACK PROTECT (TV LG Protek)




Hallo apa kabar juragan.... Semoga lagi yang terbaik. Aamiin
Ok, dalam kesempatan kali ini saya akan memposting cara mengatasi TV LG Pearl Black Protect. Pada televisi produk terbaru seperti sekarang ini pada mesin televisi sudah dilengkapi dengan sistem protect, sistem ini berfungsi agar ketika ada salah satu komponen elektronika yang ada pada rangkaian / blok tv konslet, tidak menjalar ataupun merusak komponen vital lainnya.
Pada televisi terdapat beberapa sistem protect diantara sistem protect flayback, regulator, vertical, dll. Untuk mengetahui sistem protect pada tv warna bisa lihat di sini : Sistem protek tv warna

Ok, langsung kita ke pokok pembahasan TV LG Pearl Black Protect. Pada kasus yang pernah saya jumpai TV LG pearl black dengan model 21SA1AG-T4, pada saat tv di nyalakan lampu power nyala standby, ketika pencet tombol power pada remot maupun pencet tombol program + / - pada tombol program yang ada pada tv, tv seakan mau nyala, pada layar sekilas ada jepretan sinar tetapi bebarapa detik tv kembali standby.

Setelah tv saya buka dan melakukan pengecekan pada tegangan B+ drop, untuk tegangan normal pada televisi berwarna 21" skitar 115 volt, lalu saya cabut transistor horizontal dan saya cek, ternyata transistor horizontal nya rusak / putus, setelah transistor horizontal saya ganti pasang yang baru, tv saya nyalakan masih protect, langkah selanjutnya saya ganti elko-elko yang kelihatan kembung / kering pada C826 dan C309 ganti dengan elko 1000/50 volt tetapi belum membuahkan hasil, masih protect. Karena pada beberapa kasus TV yang protect kadang karena ada elko-elko kering sehingga tegangan tidak bisa maksimal sesuai kebutuhan bisa menyebabkan tv standby/protect.


Karena belum membuahkan hasil padahal transistor horizontal dan ada beberapa elko yang saya ganti, langkah selanjutnya langsung saya cabut IC Vertical LA78141 dan langsung saya ganti IC Vertical yang baru dengan LA78145 karena stok IC LA78141 habis, dan Alhamdulillah berhasil, TV bisa nyala.

Tetapi belum puas karena walaupun tv sudah nyala pada layar tv bagian atas nampak garis-garis, lalu saya ganti elco yang ada di daerah vertical yang kelihatan kering elko C307 (Gambar atas) ganti dengan elko 100/35 volt. Setelah elco pada bagian vertical saya ganti, garis-garis yang nampak pada layar tv bagian atas hilang / tidak tampak lagi, dan TV LG Pearl Black bisa menyala dengan normal layar maupun suara.


Demikian cara mengatasi TV LG Pearl Black mati protect, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan, khususnya masalah servis elektronik


Posting Komentar untuk "TV LG PEARL BLACK PROTECT (TV LG Protek)"