Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Magic Com Setelah Nasi Masak, Nasi Lama-lama Dingin

Sebelum banyak orang yang mengenal adanya Magic Com, terlebih dahulu orang sudah banyak yang mengenal adanya rice cooker. Pada prinsipnya antara Rice Cooker dan Magic Com tidak jauh beda, sama-sama untuk memasak nasi, hanya saja yang mebedakannya adalah, kalau Rice Cooker hanya untuk memasak nasi saja, kalau misalnya nasinya agar panas/hangatnya tahan lama, nasi setelah di masak pada rice cooker dan sudah matang, nasi di pindah pada Magic Jar agar nasi tetap panas/hangat. Tetapi kalau Magic Com selain berfungsi untuk memasak nasi, juga berfungsi sebagai Magic Jar agar setelah nasi masak, nasi akan tetap panas/hangat tanpa harus memindahkan nasi ke magic jar yang lain.

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting bagaimana cara mengatasi, setelah untuk memasak nasi / setelah nasi matang lama-lama nasi dalam magic com menjadi dingin. Itu disebabkan karena elemen pada bagian magic jar nya tidak berfungsi dengan baik / rusak, sebenarnya mudah dalam memperbaikinya krn hanya terdiri dari beberapa rangkaian sparepart yaitu switch dan elemen, baik itu elemen pemanas yang fungsinya untuk memasak beras menjadi nasi yang letaknya di bawah, dan elemen penghangat yang letaknya terpasang pada bagian body magic com/magic jar yang ada di dalam dan elemen satunya lagi terpasang pada tutup. Untuk mengatasi hal itu, kita bisa melakukan langkah-langkah pengecekan sebagai berikut :

1. Cek bagian switch otomatis yang terhubung ke bagian elemen pemanas dan elemen penghangat.
    Cek/ukur menggunakan multitester, switch multitester posisi x1, x10, x1k. Switch masih baik / tidak

2. Cek pada elemen penghangat yang terpasang pada body magic com/magic jar putus apa tidak.
    Cek/ukur menggunakan multitester, switch multitester posisi x1, x10, x1k. Elemen masih baik (putus) tidak

3. Cek pada bagian PTC / NTC yang menempel bada body magic com/magic jar
    Cek/ukur menggunakan multitester, switch multitester posisi x1, x10, x1k. PTC/NTC masih baik (putus) tidak.

Gbr. Langkah Pengecekan Magic Jar/Magic Com

Apabila pada pengecekan langkah 1 sampai langkah 3 semua komponen/sparepart dalam kondisi baik semua, ketika di ukur menggunakan multitester masih nyambung, langkah selanjutnya pengecekan pada elemen yang tertempel pada tutup magic com/magic jar. Tetapi apabila pada langkah 1 sampai 3 ada salah satu sparepart yang rusak atau tidak nyambung ketika di ukur, harus di ganti.

Gbr. Elemen Magic Com/Magic Jar Pada Tutup

Antara elemen penghangat yang terpasang pada body magic com/magic jar, terpasang secara seri dengan elemen yang terpasang/menempel pada bagian tutup magic com/magic jar. Jadi apabila elemen yang terpasang pada tutup magic com/magic jar putus maka elemen penghangat yang terpasang pada body magic com/magic jar tidak berfungsi karena arus tidak bisa masuk untuk memanasi elemennya, walaupun elemennya baik ketika di ukur nyambung

Demikian sedikit informasi cara mengatasi magic com, semoga bisa nambah pengetahuan. Apabila ada kritik, saran, bisa meleui komen di bawah artikel ini atau bisa Contact Us

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Magic Com Setelah Nasi Masak, Nasi Lama-lama Dingin"