Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki TV SHARP LED Suara Ada, Layar Gelap

 Aflahsentosa.com - Cara Memperbaiki TV SHARP LED Suara Ada, Layar Gelap. Pada Kesempatan kali ini, aflahsentosa.com kembali berbagi artikel mengenai Cara Memperbaiki TV Sharp LED Suara Ada, Layar Gelap atau Gambar Tidak Nampak Pada Layar. Artikel yang saya tulis ini merupakan pengalaman pribadi saya, dan sudah saya praktekkan pada TV Sharp LED 32 " Type / No.Seri: LC-32LE295I, yang menggunakan tombol Joystik sebegai kontrol Volume, Program dan alhamdulillah berhasil.

Cara Memperbaiki TV SHARP LED Layar Gelap, Suara Ada

Apabila kita menjumpai kerusakan TV Sharp LED 32" dengan kerusakan layar gelap atau gambar tidak nampak, tetapi suara ada / suara normal, ada beberapa yang harus kita cek, diantaranya yang sering saya jumpai kerusakannya berikut ini :

1. Cek Komponen Pada Driver Backlight

Setelah kita membuka tutup TV bagian belakang, terlebih dahulu yang harus kita amati apakah ada komponen yang terlihat rusak seperti terbakar/gosong, elko gembung/bengkak pada area driver backlight apa tidak dan lakukan pengecekan komponen pada blog driver backlight menggunakan multitester, terutama cek dioda yang menuju ke saluran lampu backlight apakah dioda konslet apa tidak?

2. Lakukan Reset TV (Factory Reset)

Apabila pada pengecekan dioda pada driver backlight ternyata dioda konslet dan setelah dilakukan penggantian dioda dengan dioda yang masih baik, tetapi layar TV masih gelap / gambar belum nampak, maka kita harus lakukan reset tv / factory reset tv, bisa jadi IC Eprom pada mainboard masih menyimpan data short dioda maka tv harus di reset clear data pada IC eprom.

3. Penggantian Lampu Backlight

Apabila pada pengecekan komponen pada blog driver backlight, tidak ada komponen yang rusak / dioda masih baik tidak konslet, maka langkah selanjutnya pengecekan lampu backlight. Apabila ada salah satu saja lampu backlight yang putus, maka semua backlight tidak akan nyala semua, karena susunan lampu backlight tersusun secara seri.

Saran saya, apabila ada lampu backlight yang mati walaupun 1 lampu backlight yang mati, lebih baik lampu backlight 2 baris atau 3 baris diganti semua. Pengalaman saya apabila backlight di modifikiasi hanya diganti beberapa biji backlight yang mati saja, maka lampu backlight lainnya akan cepat mati. Ya kalau matinya sudah lebih dari masa garansi servis, tidak terlalu resiko (krn servis ditempat saya, baik itu servis tv, atau servis perangkat elektronik lainnya biasanya saya kasih garansi 3 bulan untuk kerusakan yang sama). Tetapi jika baru beberapa hari backlight yang lainnya mati, krn backlight hanya di modif ganti lampu backlight yang mati saja, maka kita harus bongkar-bongkar lagi TV malah jadi kerjaan lagi.


Berikut ini Langkah-langkah yang Harus Lakukan Sebelum Pengecekan/Penggantian Backlight :

1. Pengangkatan Panel Layar LCD

Dalam proses pengangkatan panel layar LCD kita harus hati-hati, konsentrasi, jangan sampai karena kita kurang hati-hati dalam pengangkatan panel layar LCD, layar jadi retak atau bahkan pecah, jangan sampai. Karena jika sampai layar panel LCD retak/Pecah maka kita harus bertanggung jawab pada pemilik TV tentunya. Perhatikan tahap-tahap cara pengangkatan panel layar LCD, agar nantinya tidak bingung saat pemasangannya kembali.

2. Proses Pengangkatan Reflektor Backlight

Setelah panel layar LCD terangkat dengan aman dan ditempatkan pada tempat yang aman juga, maka langkah berikutnya pengangkatan mika reflektor backlight satu per satu. Dalam proses pengangkatan mika reflektor backlight kita juga harus perhatikan urutan lapisan reflektor backlight agar tidak bingung urutan saat pemasangan kembali reflektornya.

3. Pengecekan Lampu Backlight

Setelah lapisan reflektor terangkat semua, langkah berikutnya kita lakukan pengecekan lampu backlight menggunakan alat cek backlight / adaptor / bateray. Sebelum kita melakukan pengecekan lampu backlight TV LED terlebih dahulu kita cari tahu berapa tegangan yang harus digunakan untuk mengecek lampu backlight satu per satu. Sebagai contoh pengecekan lampu backlight untuk TV Sharp LED 32 inchi disini menggunakan tegangan DC 3 Volt, dan saya mengecek menggunakan adaptor yang tegangannya bisa di adjust dari 1,5 Volt - 12 Volt 2 Ampere, dan saya posisikan pada tegangan 3 Volt DC untuk cek lampu backlight TV Sharp LED 32 inchi.

4. Ganti Semua Backlight / Renteng Backlight

Apabila ada backlight yang putus,walaupun yang putus hanya 1 lampu backlight, lebih baik lampu backlight diganti semua saja, walaupun tambah modal, itu untuk menhindari lampu backlight cepat putus, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Karena pengalaman saya sudah pernah modif ganti lampu backlight hanya yang mati saja, maka lampu backlight yang bawaan ada yang cepat mati lagi malah kita repot membuka lagi panel layar LED.

Pengalaman saya penggantian backlight dengan di ganti semua backlight (sesuai jumlah renteng backlight) maka backlight lama putusnya. Walaupun tidak menutup kemungkinan jg cpt putus walaupun backlight ganti semua, itu jg krn barang produk elektronik tidak bisa menjamin. Tetapi sepanjang pengalaman saya, belum pernah mengalami mengganti semua renteng backlight, lalu tidak lama backlight mati lagi belum pernah ngalami.

5. Pengecekan Lampu Backlight Satu-satu

Jika sudah dipastikan ada lampu backlight yang mati, dan akan melakukan penggantian lampu backlight yang baru, untuk sekedar memastikan lampu backlight penggantinya nyala semua, bisa lakukan pengecekan lampu backlight satu per satu terlebih dahulu.


Proses Penggantian Lampu Backlight dan Pemasangan Kembali, Reflektor, Panel Layar LED

* Setelah pengecekan backlight untuk penggantinya, lampu backlight nyala semua, selanjutnya penggantian backlight terlebih dahulu lepas double tape di bawah pcb backlight (ini jika backlight ganti semua). Setelah selesai penggantian backlight jangan lupa pasang kembali kabel backlight pada soccet backlight. Jika backlight dan kabel arus backlight sudah terpasang pada soccet backlight dengan baik, sebelum pemasangan kembali reflektor backlight dan panel layar LED bisa juga dicoba terlebih dahulu nyalakan tv untuk memastikan lampu backlight nyala.

* Setelah lampu backlight terpasang pada TV dan backlight bisa nyala, off tv / cabut steker tv selanjutnya pemasangan kembali reflektor backlight, perhatikan urutan pemasangan lapisan mika reflektor backlight sesuai urutan semula. Jika pemasangan reflektor backlight sudah benar sesuai susunannya selanjutnya pasang kembali frame dudukan panel layar LED, tempatkan kembali panel layar LED.

* Dalam pemasangan kembali panel layar LED dengan hati-hati, konsentrasi agar panel layar LED tidak rusak, dan jangan lupa pasang kabel T-Con panel layar LED pada soccetnya di mainboard. Jika panel layar sudah terpasang dengan baik pada tempatnya semula dan kabel T-Con sudah terpasang, TV sebelum di rapikan / tutup, terlebih dahulu kita coba nyalakan TV untuk memastikan layar LED sudah bisa menampilkan gambar / logo tv SHARP.

* Jika TV sudah bisa menampilkan gambar / logo SHARP, langkah berikutnya pemasangan frame luar layar LED (Frame Cassing) dan pasang kembali tutup belakang TV, dan posisikan tombol power pada lobang tutup tv pastikan bisa pencet dengan normal, dan juga tombol Joystik mudah di gerakkan dengan baik.

* Jika tutup belakang TV sudah terpasang, sebelum kita sekrup, terlebih dahulu coba nyalakan tv kembali untuk memastikan tv masih nyala layar tidak lagi gelap bisa menampilkan logo / gambar.

* Setelah tutup tv belakang tv terpasang dan tv masih bisa nyala layar tidak gelap, berikutnya sekrup tv dan jangan lupa pasang kembali kaki-kaki tv.

* Terakhir, jika tv sudah kemabli di sekrup, kaki-kaki tv sudah terpasang, nyalakan kembali tv dengan saluran tv atau input DVB, DVD atau sumber input video audio lainnya, untuk pengecekan gambar dan suara.

* Untuk lebih jelas gambaran cara perbaikan TV Sharp LED Suara Ada, Layar Gelap, teman-teman bisa tonton video tutorialnya di Channel Youtube Santoso 78

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai Cara Memperbaiki TV SHARP LED Suara Ada, Layar Gelap. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki TV SHARP LED Suara Ada, Layar Gelap"