Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cek lampu backlight

 Aflahsentosa.com. Cara cek lampu backlight, apakah lampu backlight masih nyala atau tidak. Bagi teman-teman technisi elektronika tentunya sudah paham mengenai backlight, atau ada yang menyebutnya lampu BL yang sering kita jumpai pada TV LED .

Cel lampu backlight TV LED

Lampu backlight pada TV LED biasanya terdapat 2 baris atau 3 baris, atau mungkin ada beberapa baris PCB lampu backlight disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran inchi TV LED nya. Pada 1 baris pcb led terdapat beberapa lampu backlight yang dipasang secara berjajar atau seri. Apabila ada salah satu saja lampu backlight yang putus atau mati, maka lampu backlight tidak akan nyala semua.

Apabila pada TV LED pada bagian lampu backlight nya ada salah satu lampu yang mati, maka backlight akan mati semua yang menyebabkan TV bisa nyala dengan suara normal, tetapi gambar tidak akan nampak / kelihatan pada layar, atau hanya nampak gambar bayangan tidak jelas pada layar TV. Apabila menjumpai kerusakan TV tidak nampak gambarnya pada layar, hanya nampak bayangan gambar tidak jelas, maka bisa jadi kerusakannya pada lampu backlight, backlight ada yang putus.

Untuk memastikan apakah lampu backlight nya yang putus, untuk mengecek lampu backlight kita harus membokar TV LED secara hati-hati, karena ada beberapa bagian TV LED yang harus kita lepas satu per satu, tahap demi tahap. Diantaranya, apabila kita mau cek lampu backlight pada TV LED kita harus mengangkat panel layar LED secara hati-hati jangan samapi panel layar LED rusak retak/patah, reflektor backlight, dll. Untuk mengetahui cara membuka TV LED untuk cek lampu backlight, bisa lihat pada Video tutorialnya di Youtube channel Santoso 78

Sebelum kita cek lampu backlight, kita siapkan terlebih dahulu alat untuk cek lampu backlight, yaitu bisa menggunakan alat ckhusus untuk cek backlight, adaptor, atau bisa cek lampu backlight menggunakan  baterai. Sebelum cek lampu backlight cari dulu informasi mengenai tegangan yang dibutuhkan untuk cek lampu backlight, misalnya lampu backlight untuk TV LED Sharp 32" menggunakan tegangan DC 3 Volt, cek backlight TV LED TCL 40" menggunakan tegangan DC 6 Volt.

Pada saat pengecekan lampu backlight, jangan sampai salah menempelkan kutup positif dan negatif. Kutup positif tegangan tempal pada kutup positif lampu backlight, dan kutup negatif tegangan tempel pada kutup negatif lampu backlight. Pengecekan di lakukan pada lampu backlight satu per satu, sampu lampu dicek semua, dan diketahui lampu backlight yang putus.

Posting Komentar untuk "Cara cek lampu backlight"